KEARIFAN LOKAL MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM GOTONG ROYONG DI KOTA PALEMBANG

Evi Purnama Wati, Ardiana Hidayah

Abstract


Kearifan lokal sebagai nilai-nilai luhur yang berlaku pada tatanan kehidupan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan melalui kegiatan gotong royong. Gotong Royong sebagai budaya bangsa Indonesia, bekerja bersama-sama untuk mencapai hasil yang diinginkan, sehingga budaya ini musti dihadirkan kembali khususnya di Kota Palembang dalam kebersamaan menjaga kelestarian lingkungan. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup. Lingkungan hidup mempunyai fungsi penyangga perikehidupan yang amat penting. Oleh karena itu, setiap elemen bangsa baik pemerintah dan masyarakat ikut berperan dalam melindungi serta menjaga kelestarian lingkungan. Pemerintah Kota Palembang membuat kebijakan dalam rangka pelaksanaan gotong royong yang melibatkan pemerintah dengan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup di kota Palembang. Kata Kunci : Kearifan Lokal, Gotong Royong, Lingkungan Hidup

Keywords


Kearifan Lokal, Gotong Royong, Lingkungan Hidup

References


Aan Efendi, 2014, Hukum Lingkungan, Instrumen Ekonomik dalam Pengelolaan Lingkungan di Indonesia dan Perbandingannya dengan Beberapa Negara, PT Citra Aditya Bakti, Jakarta.

Harun M. Husein, 1992, Berbagai Aspek Hukum, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Bumi Aksara, Jakarta.

Hamka Haq, 2011, Pancasial 1 Juni dan Syariat Islam, RMBOOKS Rakyat Merdeka Group, Jakarta.

Helmi, 2012, Hukum Perizinan Lingkungan Hidup, Sinar Grafika,Jakarta.

H. Inu Kencana Syafiie, 2001, Filsafat Pemerintahan (mencari Bentuk Good Governance yang Sebenarnya Secara Universal), PT. Perca, Jakarta.

Jur. Andi Hamzah, 2005, Penegakan Hukum Lingkungan, Sinar Grafika, Jakarta.

Pemerintah Kota Palembang, Geografis Kota Palembang, http://www.palembang.go.id/35/gallery-detail.html, diakses Tanggal 2 September 2017.

Pengertian Gotong Royong, http://www.sumberpengertian.com/pengertian-gotong-royong, diakses Tanggal 2 Agustus 2017.

Raja Adil Siregar, Dipuji Jokowi, Wali Kota Palembang Semangat Giatkan Gotong-Royong, https://news.detik.com/berita/d-3485969/dipuji-jokowi-wali-kota-palembang-semangat-giatkan-gotong-royong, diakses Tanggal 11 Agustus 2017.

Sukanda Husin, 2009, Penegakan Hukum Lingkungan Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.

Supriadi, 2005, Hukum Lingkungan di Indonesia Sebuah Pengantar, Sinar Grafika, Jakarta.

Voula Mega, 2003, Konsep dan Peradaban Masyarakat Berwawasan Ekologi, Editor: Takashi Inoghuci, Edward Newman dan Glen Paoletto, Penerjemah: Rasti Suryandani, Kota dan Lingkungan (Pendekatan Baru Masyarakat Berwawasan Ekologi), LP3ES, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



Jurnal Bina Hukum Lingkungan telah terindeks pada:

                                                

 

Journal Accreditation:



Plagiarism Check:

BHL is licensed under a Creative Commons Attribution

  Redaksi Jurnal Bina Hukum Lingkungan © 2016