Penataan Dan Pemanfaatan Ruang Berkeadilan Untuk Mengantisipasi Alih Fungsi Tanah Pertanian

Rahayu Subekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kebijakan alih fungsi tanah pertanian  melalui penataan dan pemanfaatan ruang berkeadilan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan . Kegiatan alih fungsi tanah   yang tidak sesuai dengan  tata ruang akan menyebabkan menurunnya daya dukung lingkungan . Sebagaimana diketahui hal ini merupakan hal yang penting mengingat tanah merupakan merupakan sumber daya alam yang terbatas , sedangkan jumlah permintaan tanah untuk berbagai kepentingan jumlahnya semakin meningkat .  Tak bisa dipungkiri bahwa dalam pembangunanpun juga tidak terlepas dai kebutuhan tanah , maka untuk itu diperlukan adanya pembangunan yang berkelanjutan .

 Alih Fungsi tanah  pertanian merupakan hal yang penting  untuk ditata mengingat banyak terjadi alih fungsi tanah pertanian ke tanah non pertanian ,  yang tentunya berpengaruh terhadap  ketahanan pangan , menimbulkan kerugian teknis, ekonomis dan budaya  dan menurunnya daya dukung lingkungan .

Berdasarkan hasil Pembahasan  maka  :Kebijakan alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian  , terkait dengan penataan dan pemanfaatan ruang . Dalam Undang – Undang penataan ruang pengendalian pemanfaatan ruang dilakukan melalui  penetapan peraturan zonasi, perizinan, pemberian insentif dan disinsentif , serta pengenaan sanksi. Dalam pengendalian tersebut  dilakukan  penataan dan pemanfaatan ruang yang berkeadilan sebagai usaha  dalam mengurangi dampak terhadap menurunnya daya dukung lingkungan. Penguatan perlindungan alih fungsi tanah dapat dilakukan melalui pengetatan dan pengawasan perizinan dalam pemanfaatan ruang .

Saran : Perlu adanya rencana tata ruang yang konsisten dan berkesinambungan dalam jangka panjang , dan tidak sering direvisi terkait tanah pertanian


Keywords


Kata kunci : Alih Fungsi Tanah , Pemanfaatan Ruang Berkeadilan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



Jurnal Bina Hukum Lingkungan telah terindeks pada:

                                                          

 

Journal Accreditation:



Plagiarism Check:

BHL is licensed under a Creative Commons Attribution

  Redaksi Jurnal Bina Hukum Lingkungan © 2016